Hari Pariwisata Internasional

Batang—Memperingati Hari Pariwisata Internasional, sejumlah siswa-siswi SMK Darussalam Subah yang tergabung dalam Klub Jurnalistik dan Kepewaraan Siswa (KJKS) SMK Darussalam Subah yang dalam hal ini berkolaborasi dengan Pengelola Wisata Pantai Kuripan yang terletak di Karangsari, Kuripan, Kecamatan Subah, Kabupaten Batang.

Klub Jurnalistik dan Kepewaraan Siswa (KJKS) SMK Darussalam Subah menyelenggarakan kegiatan bertajuk Bakti Lingkungan. Kegiatan Bakti Lingkungan seyogyanya hal yang tergolong baru di SMK Darussalam Subah dalam kurun waktu tiga tahun terakhir.
Klub Jurnalistik dan Kepewaraan Siswa (KJKS) adalah salah satu ekstrakurikuler sekolah di SMK Darussalam Subah yang bergerak di bidang jurnalistik dan kepewaraan.
Ekstrakurikuler ini pertama kali mengudara pada 12 Desember 2021, didirikan
oleh Wahyu Bambang Pratama, S.Pd., salah satu guru di SMK Darussalam Subah.

Di tengah keterbatasan, Klub Jurnalistik dan Kepewaraan Siswa (KJKS) SMK Darussalam Subah memiliki beberapa program kerja unggulan antara lain, JURPOD (Jurnalistik Podcast/Siniar), Diskusi Mingguan, Malam Pengukuhan Pengurus, Pengelolaan Mading, Pengelolaan Media Sosial (Instagram dan Youtube) KJKS, dan UYEE UPDATE YEE (Liputan Kegiatan).
Sekolah yang beralamatkan di Jl. Lapangan Selatan No. 05, Desa Kemiri Barat, Kecamatan Subah, Kabupaten Batang ini terhitung sering menyelenggarakan kegiatan kesiswaan yang terbilang inovatif. Berlangsung selama sehari yaitu Kamis, 28 September 2023, bertempat di Pantai Kuripan.

Acara tersebut dibuka dengan sambutan Pembina KJKS SMK Darussalam Subah, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan susur pantai dan bersih-bersih sampah anorganik di tepi barat Pantai Kuripan. Total sampah anorganik yang terkumpul sebanyak
12 kantong sampah ukuran besar, menandakan tempat pariwisata di sekitar kita sedang tidak baik-baik saja terutama perihal darurat sampah anorganik.

Kepala SMK Darussalam Subah sangat mendukung kegiatan semacam ini rutin diselenggarakan di lingkungan sekitar SMK Darussalam Subah, terlebih untuk mengenalkan kepada generasi muda dan masyarakat luas tentang pentingnya menjaga lingkungan. “Saya sangat berharap spirit dari kegiatan semacam ini terus tumbuh dalam diri kita serta dapat ditularkan kepada sesama khususnya pada kehidupan sehari-hari, tidak hanya ketika memperingati momen tertentu saja,” terang Kepala SMK Darussalam Subah, Nur Inda Sari, S.Pd.
Melalui keterangan Pembina KJKS SMK Darussalam Subah, Wahyu Bambang Pratama, S.Pd., Kamis (28/9), “Siswa-siswi sengaja kami kenalkan beberapa kegiatan yang sederhana, bermanfaat bagi sesama, namun tetap keren. Harapannya dengan adanya kegiatan semacam ini, pariwisata di Kabupaten Batang lebih memperhatikan dan meningkatkan sistem pengelolaan sampah, sekaligus dalam rangka perbaikan tata kelola pariwisata yang ramah pengunjung juga ramah lingkungan. Mencintai alam bukan hanya menikmati dan mengeksploitasi keindahannya, namun juga ada upaya menjaganya agar tetap indah”.
Nadhifatul Khoiriyah (28/9), “Sangat menyenangkan mengikuti kegiatan ini, Saya juga mendapat banyak pengalaman tentang pentingnya menjaga lingkungan”. Hal tersebut sejalan dengan keterangan Naviska Aulia Rahma (28/9), “Selama ini jika berkunjung ke Pantai Kuripan Saya hanya bersenang-senang dan menikmati keindahannya saja, namun hari ini kesannya berbeda, luar biasa” tandasnya. (kjks/smkds)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *